7 Ide Bisnis Di Era New Normal

7 Ide Bisnis Di Era New Normal

7 Ide Bisnis Di Era New Normal

Seperti yang kalian rasain sendiri, pandemi corona merubah banyak sekali aspek dikehidupan kita, termasuk disektor bisnis. Bisnis yang prospeknya menjanjikan sekali sebelum corona, seperti tour guide, atau restoran misalnya, belum tentu akan sukses di era new normal seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, saya akan kasih 7 Ide Bisnis di Era New Normal yang Bakal Naik Daun setelah Pandemi Corona.

Ok, langsung saja...

Berikut 7 Ide Bisnis Di Era New Normal:

1. Frozen Food

Bisnis Frozen Food


Frozen Food (atau Makanan Beku) ini cukup ngehits selama pandemi. Sudah banyak restoran yang menerapkan ide bisnis ini dan menjual produk mereka secara mentah atau setengah matang.

Gak heran sih, karena frozen food memang mudah diolah dan tahan lama. Jadi, pembeli bisa makan dirumah kapan pun mereka mau. Tanpa deg-deg an ketularan corona karena harus makan diluar.

Kelebihan ide bisnis frozen food:

  • Mudah diolah
  • Tahan Lama
  • Bisa dipesan lewan ojek online
  • Bisa dimakan dirumah tanpa takut terkena virus Corona

Ada bukti bahwa penjualan frozen food yang meningkat 100%. Apalagi frozen food ini bisa Anda gabungkan dengan layanan pesan antar ojek online, yang memang lebih dipilih oleh konsumen dimasa pandemi ini.

2. Kopi Literan

Bisnis Kopi Literan

Karena harus sosial distancing, cafe yang dulunya rame untuk tempat nongkrong, sekarang menjadi sepi karena pandemi corona. Bahkan gerai kopi internasional sekelas Starbucks mengalami kerugian mencapai 42 Triliun Rupiah.

Para pemilik kafe harus mencari alternatif agar bisnisnya tidak gulung tikar dimasa pandemi ini.

Salah satunya adalah dengan jualan kopi literan, secara online. Kopi literan ini bisa bertahan beberapa hari di kulkas. Jadi, selain praktis, pelanggan juga lebih hemat karena tidak harus beli tiap hari.

Ide bisnis kopi literan ini terbukti mendatangkan keuntungan dan bisa terjual sampai ratusan botol per hari. Tidak heran kalau bisnis minuman literan ini mulai dicoba beberapa cafe lain, bahkan sekelas Starbucks sekalipun.

Jadi, kalau kamu sudah punya bisnis coffee shop, boleh banget coba ide bisnis ini.

3. Fashion Online

Bisnis Fashion secara Online

Karena orang-orang tidak bisa membeli baju langsung ditoko, penjual fashion online meningkat mencapai 2 kali lipat selama pandemi. Jadi, Anda bisa mencoba jualan baju secara online. Baik disitus e-commerce, atau juga bisa membuat website toko online sendiri, agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Kalau Anda ingin jualan fashion online, jangan lupa cari tahu dulu Tren Fashion Apa yang sedang Diminati Selama Pandemi. Caranya dengan cek baju apa yang paling laris di kategori fashion pada aplikasi-aplikasi e-commerce.

4. Produk Kecantikan dan Produk Perawatan Kulit

Bisnis Produk Kecantikan dan Produk Perawatan Kulit

Selama pandemi corona, bisnis skincare keuntungannya naik signifikan. Bahkan ada yang mendapatkan keuntungan hampir mencapai 100%. Tidak heran, karena selama dirumah saja, orang-orang jadi punya banyak waktu luang untuk merawat diri. Apalagisering terkena AC dan kurang sinar matahari.

Nah, produk kecantikan yang sering dicari selama pandemi ini adalah:
  • Face Mist
  • Glow Booster
  • Facial Oil
  • Cleaning Oil
  • Cleaning Balm
  • Serum

Tenang, Anda tidak perlu punya stok produk-produknya. Karena, Anda bisa coba menjadi Dropshipper yang tidak perlu modal untuk jalanin bisnisnya. Enak banget kan.

5. Produk Kesehatan

Bisnis Produk Kesehatan

Untuk yang satu ini tidak perlu Saya jelaskan panjang lebar. Karena sudah bisa ditebak, kalau produk kesehatan bakal meningkat saat pandemi. Meningkatnya juga tidak main-main. Bisa mencapai ribuan persen. Pembersih tangan, Vitamin, Termometer, Masker, sampai Dettol, menjadi ladang cuan.

Jangan lupa Anda menjual produk kesehatan secara online. Bisa lewat E-commerce, Media sosial, atau membuat website toko online sendiri khusus produk kesehatan.

6. Minuman Jamu Herbal

Bisnis Minuman Jamu Herbal

Walau jamu tidak bisa menyembuhkan corona, tapi jamu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kita semakin sehat. Oleh karena itu, industri jamu meningkat sampai 50% dibandingkan sebelum pandemi. Apalagi setelah Presiden Joko Widodo menyarankan untuk minum jamu setiap hari.

Nah, Anda bisa juga menjual jamu herbal secara online. Bahan dasarnya bisa dari Jahe, Temu lawak, atau Rempah-rempah lain yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Untuk tidak ketinggalan tren, Anda bisa menjual jamu herbal secara literan seperti kopi literan yang Saya tulis sebelumnya.

7. Jasa Pembuatan Website

Bisnis Jasa Pembuatan Website

Karena orang-orang jarang keluar rumah dimasa pandemi, mereka beli apa saja pasti secara online. Makanya, punya website itu sangat wajib untuk bisnis di era new normal sekarang ini.

Tapi, tidak semua pebisnin bisa membuat website. Oleh karena itu, saat ini, membuka jasa pembuatan website itu sangat menjanjikan.

Anda juga tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu ahli koding-kodingan kok untuk membuka jasa pembuatan website. Anda bisa mengandalkan WordPress.

Bonus

8. Digital Marketing Agency

Bisnis Digital Marketing Agency

Agar bisnis dapat sukses secara online, masih kurang jika kamu hanya membuat website. Bisnis juga wajib menerapkan Digital Marketing, agar orang-orang tahu, kalau bisnis Anda eksis di internet.

Tapi, bagi bisnis yang sebelumnya berjualan secara offlane, kemungkinan besar mereka kurang paham apa itu Digital Marketing. Mereka harus banyak mencoba strategi digital marketing dan belum tentu berhasil juga hasilnya.

Akhirnya mereka akan mencari jasa digital marketing agency yang memang sudah terbukti.

Makanya, kalau Anda memang ahli dalam dunia digital marketing, Anda bisa juga coba membuka Digital Marketing Agency kecil-kecilan. Atau, bisa juga Anda menawarkan Jasamu disitus-situs freelance.

Nah, kira-kira, Anda mau mencoba bisnis yang mana nih? Menjanjikan semua kan? Apapun pilihan bisnis Anda jangan lupa gunakan masker kalau keluar rumah dan rajin cuci tangan ya.

Jadi, cukup itu saja terlebih dahulu, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan informasi ini.